Social Icons

KUMPULAN TUGAS DAN ULANGAN

KERJAKAN DENGAN HATI HATI DAN TELITI

Monday, January 16, 2012

Search Engine (Mesin Pencari)


Aktivitas berselancar didunia maya memang asyik, namun apa jadinya jika tidak dibantu dengan keberadaan mesin pencari ,  penulis yakin semua pengguna internet akan merasakan kesulitan dan kebingungan saat hendak mencari informasi yang dibutuhkan. Sekarang ini jendela informasi terbuka lebar di internet, karena berbagai informasi ada di intenet. Tanpa bantuan mesin pencari  jangan harap dapat menemukan apa yang akan pengguna internet cari dengan mudah.
Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan wwwftp,publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah computer client  dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web.
Penggunaan mesin pencari sangatlah mudah, untuk mencari sebuah informasi di internet pengguna internet hanya memasukan kata kunci yang dikehendaki maka dengan cekatan dan cepatnya mesin pencari tersebut memberikan informasi dengan berbagai pilihan yang tersedia. Dengan mesin pencari pengguna internet tidak hanya diberikan informasi berupa informasi teks saja, tetapi dalam bentuk gambar, suara, music dan bahkan juga video.
Contoh, ketika pengguna internet membutuhkan informasi tentang sejarah sebuah Negara. Pengguna cukup dengan memasukan kata “sejarah Negara jepang” misalnya dalam kolom mesin pencari. Maka dengan cepat mesin pencari memberikan dan menampilkan informasi sejumlah situs atau website yang menyangkut informasi tersebut.
Macam-macam mesin Pencari
Sekarang ini banyak sekali macam-macam mesin pencari di dunia, namun dari sekian banyak mesin pencari,berdasarkan riset ada tiga yang menempati posisi tertinggi yaitu google, wisenut.com dan altheweb.com. sedangkan untuk mesin pencari di Indonesia yang paling banyak di gunakan yaitu google, yahoo, dan msn.com.
1.       GOOGLE (www.google.com)
 Google muncul di akhir tahun 1997, dimana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.
Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang ada, namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google. Setelah Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu menerobos liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini.

2.       YAHOO (www.yahoo.com)
 Yahoo raja directori di internet, di samping para pengguna internet melihat DMOZ serta LookSmart berusaha menurunkan nya dari posisi puncak tersebut. Akhir-akhir ini, telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah memiliki harga sehingga mudah untuk memasukinya, dengan demikian, mendapatkan sebuah daftar pada direktori Yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.pada tahun 2001, mesin pencari Google berkembang besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity danPageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang diinginkan pasti lebih banyak terhubung daripada yang lain. Rangking situs (The PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.

3.       MSN (www.msn.com)
 MSN merupakan mesin pencari yang dibuat oleh Microsoft Network. Microsoft Network  atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft. Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem operasi Windows 95Windows 98Windows 2000Windows XP danWindows Vista. Mesin pencari ini menawarkan jasa pencarian, baik dengan menggunakan kata kunci maupun directori. Sebagian besar pengguna Internet Explorer sudah didapat dipastikan pernah menggunakan mesin pencari ini.Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail [1]Windows Messenger [2]My MSN [3]dan Download IE8 [4]. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.



4.       WIKIPEDIA
 Ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia yang dibangun oleh para sukarelawan serta disediakan secara gratis. Terdapat fasilitas pencarian.
 








5.       ASK (www.ask.com)
 Ask (known as Ask Jeeves in the UK) is a Q&A focused search engine founded in 1996 byGarrett Gruener and David Warthen in Berkeley, California. The original software was implemented by Gary Chevsky from his own design. Warthen, Chevsky, Justin Grant, and others built the early AskJeeves.com website around that core engine. Three venture capital firms,Highland Capital PartnersInstitutional Venture Partners, and The RODA Group were early investors.[2] Ask.com is currently owned by InterActiveCorp under the NASDAQ symbol IACI. In late 2010, facing insurmountable competition from Google, the company outsourced its web search technology to an unspecified third party and returned to its roots as a question and answer site.[3] Doug Leeds was appointed from president to CEO in January 2011.[4]

6.       BING ( www.bing.com)
 Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera MicrosoftBing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live SearchWindows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakniteknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows SkydriveFacebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
1)      Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2)      Images untuk pencarian gambar.
3)      News untuk pencarian berita.
4)      xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

7.       Amazon.com 
Amazon.com adalah toko daring yang menjual bukufilmpermainanDVDCD musik, perangkat lunak komputer, dan barang-barang lainnya. Amazon.com merupakan toko online terbesar untuk saat ini. Didirikan pada Mei 1994 di Manhattan oleh Jeff Bezos, seorang pekerja di D.E. Shaw.





8.       eBay
 eBay (NASDAQEBAY) adalah sebuah situs web lelang daring yang memungkinkan orang-orang dari seluruh dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai "AuctionWeb", bagian dari situs pribadi yang termasuk, tulisan sumbangan Omidyar terhadap virus Ebola. Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain "EchoBay.com" namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi "eBay.com". eBay bermarkas di San Jose, CaliforniaMeg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates